BPKP RI Apresiasi Prestasi Kinerja Keuangan Kalsel - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 26 Juli 2017

BPKP RI Apresiasi Prestasi Kinerja Keuangan Kalsel

SERAH TERIMA- Sekretaris BPKP RI, Dadang Kurnia dan Gubernur Kalimantan Selatan,  H Sahbirin Noor,  turut menyaksikan Serah terima jabatan Kepala BPKP Kalsel terdahulu dari Muhammad Masykur kepada pejabat baru, Simanulang, di Gedung Graha Abdi Persada Banjarmasin, Selasa (25/7).
BANJARMASIN - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI, mengapresiasi upaya peningkatan kinerja tata kelola keuangan daerah,  sebagaimana tersaji  melalui Laporan Keuangan   Pemerintah Daerah (LKPD)  Pemerintah Provinsi,  Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan, hingga berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

            Hebatnya lagi,  pemerintah provinsi, kabupaten dan pemerintah kota memiliki penduduk sekitar 3,9 juta jiwa tersebut  berhasil mempertahankan predikat Opini  WTP   selama dua tahun berturut-turut,  yakni  2015 tahun 2016.

            "Ini prestasi luar biasa diraih pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se Kalsel. Predikat Opini WTP merupakan tahun kedua diraih daerah ini secara berturut-turut. Opini ini  tentu harus dipertahankan melalui komitmen  ketaatan terhadap  aturan tentang pengelolaan keuangan negara dan daerah," ucap Sekretaris Utama BPKP RI Dadang Kurnia,  Selasa (25/7) .

            Diutarakan  Dadang,  berdasarkan  data BPKP,  tidak banyak daerah yang berhasil mencapai prestasi sebagaimana diraih  Kalsel. Ini merupakan prestasi bersama yang harus dipertahankan untuk selalu ditingkatkan di masa mendatang agar bisa lebih meningkat lagi.

            Pasalnya,  keberhasilan dalam mempertahankan opini positif  tata kelola  keuangan  sebuah kerja yang tidak mudah. Pengelolaan keuangan daerah atau keuangan negara memerlukan komitmen  dan kesungguhan untuk selalu mentaati  aturan berlaku.

            Dadang yang datang ke Banjarmasin dalam rangka menghadiri  Serah Terima Jabatan Kepala BPKP   Kalsel dari pejabat lama  Muhammad Masykur kepada pejabat baru, Simanulang, mempertegas posisi BPKP adalah sebagai mitra pemerintah untuk mendukung program-program pembangunan nasional sebagaimana yang telah ditetapkan negara.

            Sebagai lembaga audit internal pemerintah, ujarnya,  BPKP memiliki tujuan sama dengan lembaga pemerintahan lainnya yakni  bersama-sama mensukseskan pembangunan secara nasional, termasuk pembangunan di Kalsel.

            Kesuksesan sebuah pembangunan nasional dan daerah tidak hanya diukur dari kondisi fisik saja.  Tetapi harus diawali dari kecermatan perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan dan pertanggungjawaban.

           Sementara itu Gubernur Kalsel,  H Sahbirin Noor,  mengungkapkan terima kasih dan penghargaan tinggi terhadap kerja sama aparatur BPKP di daerah ini yang turut berjasa dalam memberikan pembinaan  terukur bagi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten/kota.


            "Kerja sama dan kemitraan bersama lembaga auditur internal maupun eksternal pemerintah harus terus ditingkatkan, termasuk dengan lembaga pemerintah lainnya . Ini semua bertujuan agar kinerja pemerintahan terus meningkat dan tujuan pembangunan daerah juga bisa diwujudkan," tandasnya, seraya mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada pejabat BPKP terdahulu dan mengucapkan selamat bertugas kepada pejabat baru. (bdm/rr/humaskalsel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad