Maksimalkan Potensi Pemuda - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 16 Januari 2017

Maksimalkan Potensi Pemuda

Pj. Sekda, H. Abdul Haris
“Saya mengajak Gerakan Pemuda Asli Kalimantan, untuk bergerak bersama untuk membina dan memaksimalkan potensi pemuda”. Ajakan tersebut disampaikan Gubernur Kalsel melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah, H. Abdul Haris pada saat menghadiri pelantikan DPW Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) Kalimantan Selatan, Sabtu (141) di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Ajakan Gubernur ini berdasarkan dari asusmsi banyaknya pemuda di Indonesia yang mencapai 24,5% dari jumlah penduduk Indonesia. Berdasarkan persentasi tersebut, maka ada 950.000 orang lebih pemuda yang ada di Kalsel.
Selain itu, Gubernur juga mengatakan pemuda adalah modal utama yang harus dimaksimalkan untuk membangun dan memajukan bangsa dan banua. Karena pemuda adalah tulang punggung bangsa, pemuda adalah harapan bangsa, pemuda adalah masa depan bangsa, dan pemuda adalah generasi penerus bangsa.
Pemuda adalah modal utama kita, yang harus kita maksimalkan untuk membangun dan memajukan bangsa dan banua yang kita cintai ini. Karena pemuda adalah tulang punggung bangsa, pemuda adalah harapan bangsa, pemuda adalah masa depan bangsa, dan pemuda adalah generasi penerus bangsa”.
Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini selanjutnya juga mengatakan bahwa ada tantangan besar yang dihadapai oleh para pemuda Kalimantan, yaitu tantangan dalam menghadapi bonus demografi dan tantangan dalam menjaga, memanfaatkan, dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh pulau Kalimantan. Pulau yang memiliki beragam kekayaan, baik itu kekayaan budaya, flora dan fauna, serta sumber daya alam yang melimpah.
”Dengan potensi dan keunikan yang dimiliki pulau Kalimantan, menjadi tugas dan kewajiban kita bersama, untuk terus menjaga, memanfaatkan, dan memaksimalkan, untuk kesejahteran dan kemakmuran masyarakat Kalimantan, serta untuk kemashlahatan hajat hidup orang banyak” lanjut Gubernur.
Secara terpisah, Pj. Sekda mengharapkan GEPAK Kalsel dapat menjadi mitra pemerintah dalam mengawal pembangunan. Dengan berorientasi kepada upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
”Harapannya, GEPAK dapat menjadi mitra pemerintah untuk mengawal pembangunan sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik. Kemudian, kita juga patut meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau masyarakat kita, karena daerah kita memiliki potensi yang luar biasa, seperti kekayaan alam yang melimpah. Dengan begitu, potensi yang dimiliki oleh daerah kita, dapat dimanfaatkan atau dikelola masyarakat kita sendiri” harapnya.
Sementara itu, Sekretaris DPW GEPAK Kalsel, Agus Pebrianto mengatakan organisasi ini bukan organisasi biasa, organisasi ini adalah organisasi modern yang siap untuk mengawal pembangunan, mengkritik berbagai kebijakan, serta berupaya memberikan solusinya.
DPW GEPAK Kalsel sendiri dipimpin oleh H. Noor Aini sebagai Ketua dan Dr. Agus Pebrianto, SE, M.Si sebagai Sekretaris. Kepengurusan ini dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar GEPAK, Abraham Ingan dengan masa periode 2016 s/d 2018.
Selain itu, juga dilakukan pelantikan pengurus DPC GEPAK di 13 Kabupaten/Kota Se Kalsel, yang diwakili oleh Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPC GEPAK. (rsy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad