HUT KORPRI ke-45: KORPRI Segera Bertarnsformasi - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 19 Desember 2016

HUT KORPRI ke-45: KORPRI Segera Bertarnsformasi

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan upacara peringatan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-45 Tahun 2016 di halaman Kantor Sekretariat Daerah Prov. Kalsel di Jalan Dharma Praja No. 1 Banjarbaru.
Upacara ini diikuti oleh Pejabat dan ASN di lingkungan Pemprov. Kalsel dengan mengenakan seragam batik khas KORPRI yang berwarna biru. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Drs. H.M. Thamrin, M.Si.

Selaku Inspektur Upacara, Drs. H.M Thamrin, M.Si membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang juga sebagai penasihat nasional KORPRI. Dalam sambutannya Presiden mengatakan bahwa Korpri akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia. Dalam bentuk baru itu, fungsi yang diemban ialah pengembangan profesi, memberikan perlindungan hukum dan memberi advokasi kepada Aparatur Sipil Negara, dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.
“KORPRI akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI. Dalam bentuk baru itu, fungsi pemerintahan yang diemban berupa pembinaan dan pengembangan profesi ASN, memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN, memberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan kode perilaku, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya” kata Presiden.
Dengan transformasi ini pula, Presiden berharap Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI menjadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan-loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.
Selain itu, Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan, Korps berperan menjaga kode etik profesi, standar pelayanan profesi dan mewujudkan Jiwa Korps Aparatur Sipil Negara sebagai pemersatu bangsa.
Dalam peringatan ini pula, Presiden menyinggung terkait pemberantasan praktik korupsi dan pungli, serta peningkatan kualitas pelayanan publik. Presiden mengungkapkan bahwa KORPRI berada pada garis depan perjuangan. Presiden berpesan agar segera meninggalkan pola pikir masa lalu, seperti ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa, dan mental koruptif, yang hanya terpaku pada formalitas belaka.
“Agar Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang dalam era kompetisi global maka rakyat membutuhkan anggota KORPRI yang disiplin, bertanggungjawab, dan berorientasi kerja. Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa, dan mental koruptif, yang hanya terpaku pada formalitas belaka” ungkap Jokowi.
Lebih lanjut, Presiden berpesan agar anggota KORPRI untuk terus melakukan inovasi-inovasi agar pelayanan publik bisa makin murah, makin cepat, makin akurat, dan makin baik.
Kemudian Presiden Jokowi mengapresiasi tema yang diangkat dalam peringatan ini, yaitu Bersama KORPRI Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara. Maka dari itu, Presiden menegaskan agar momentum Pilkada serentak 2017 dijadikan ajang ujian netralitas dan profesionalisme anggota KOPRI dalam menerapkan Panca Prasetya KORPRI.
“Ingatlah bahwa pengabdian anggota KOPRI bukanlah kepada kepentingan kelompok maupun individu, pengabdian KOPRI hanyalah kepada negara, bangsa dan rakyat Indonesia” tegas Presiden.
Dalam memeriahkan peringatan HUT KORPRI yang ke-45, dialaksanakan bazaar korpri, donor darah dan pemeriksaan kesehatan, dan talkshow terkait Fasilitas Bantuan Tabungan Perumahan (BTP) Bapetarum-PNS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad