Humas Ajak Masyarakat Gemar Membaca - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 19 Desember 2016

Humas Ajak Masyarakat Gemar Membaca

Biro Humas Setda Prov. Kalsel  mengajak masyarakat untuk gemar membaca sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat di Kalimantan Selatan. Hal tersebut sebagaimana tema yang diangkat dalam kegiatan seminar seharai perpustakaan, yaitu “Ayo Membaca untuk Masa Depan”, Selasa (15/10) di RR. H. Aberani Sulaiman, Banjarbaru.
Plt. Kepala Biro Humas Setda Prov. Kalsel, Kurnadiansyah, S.Sos membuka secara resmi seminar ini. Dalam sambutannya, Kurnadiansyah mengatakan bahwa Biro Humas sebagai salah satu unit kerja di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel memiliki tugas penyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah dan pembangunan daerah. Salah satu penyebaran informasi itu diiwujudkan melalui kegiatan seminar ini.

Melalui seminar ini, Kurnadiansyah  menginginkan keberadaan perpustakaan mampu menarik dan meningkatkan minat baca masyarakat. Karena membaca merupakan bagian terpenting dalam menggali ilmu pengetahuan.
kita ingin, keberadaan perpustakaan mampu menarik dan meningkatkan minat baca masyarakat. Karena bagaimanapun, membaca adalah bagian terpenting dalam menggali ilmu pengetahuan. Sedangkan ilmu pengetahuan itu adalah kunci untuk meraih masa depan yang sukses” katanya.
Kemudian Kurnadiansyah juga berharap, melalui seminar ini dapat menjadi forum untuk mengembangkan perpustakaan dan dapat mengkaji informasi terkait perpustakaan secara komprehensif, terutama dalam konteks perkembangan teknologi informasi.
Melihat manfaat dari keberadaan perpustakaan terutama di lingkungan Sekretariat Daerah, Biro Humas akan terus membenahi perpustakaan dengan menambah koleksi buku terutama terkait pembangunan daerah.
“keberadaan perpustakaan ini sangat penting, perpustakaan menjadi tempat pusat informasi, pengembangan pengetahuan, dan kajian ilmiah. Untuk itu, nantinya akan ditambah koleksi buku di perpustakaan yang dikelola oleh Biro Humas terutama terkait dengan pembangunan daerah” tambahnya.
Sementara itu, Drs. Novran, M.A, selaku narasumber dalam seminar ini mengatakan pentingnya minat baca bagi seseorang, terlebih bagi yang ingin untuk membuka atau mengembangkan usaha.
Kegiatan membaca ini bisa dilakukan secara pribadi maupun berkelompok. Ia menganjurkan untuk dilakukan secara berkelompok, agar mudah memahami dan jika terdapat hal-hal yang dianggap sulit dapat didiskusikan dan dicari solusinya.
Terkait minat baca di daerah, Novran yang juga Kabid Deposit dan Pengolahan Bahan Pustaka pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Prov. Kalsel, mengakui tidak ada tolak ukur yang pasti, namun dari segi kunjungan ke Perpustakaan Daerah Ia katakana hinggga sekarang ini naik cukup siginifikan, yang semula hanya sekitar 50 orang perhari kini sudah mencapai 200 orang perhari.
Novran juga mengatakan, pengunjung tidak hanya dari masyrakat Kalimantan Selatan tetapi juga dari berbagai daerah lain di luar Kalsel. Kebanyakan dari mereka mencari literatur yang terkait dengan kebudayaan yang ada di Kalsel sebagai bahan penunjang untuk penelitian ilmiah mereka.

Novran juga memberikan langkah-langkah agar tumbuh minat baca dalam diri kita, yaitu memilih buku sesuai dengan usia, kemudian sesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad