Wagub Bersama Ratusan Anak Kampanyekan Budaya Hidup Sehat - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 17 Oktober 2016

Wagub Bersama Ratusan Anak Kampanyekan Budaya Hidup Sehat

Amuntai, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H. Rudy Resnawan bersama ratusan anak Sekolah Dasar di Kabupaten HSU mengkampanyekan budaya hidup sehat, Sabtu (15/10) di SDN 4 Sungai Malang, Amuntai, Kabupaten HSU.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari cuci tangan pakai sabun sedunia (CPTS) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2016, yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober sebagaimana yang telah dicanangkan oleh PBB. Kegiatan ini juga dirangkai dengan kegiatan gosok gigi bersama dan gerakan gemar makan ikan bagi anak-anak.
Wagub menuturkan,
tujuan dilaksanakannya kampanye ini adalah untuk membudayakan perilaku hidup sehat. Diantaranya membiasakan cuci tangan pakai sabun, menggosok gigi, dan gemar untuk memakan ikan.
Dalam kampanye ini, anak-anak diajarkan untuk membiasakan mencuci tangan dengan baik dan benar, menggosok gigi dengan baik dan benar minal dua kali sehari, yaitu setelah makan dan sebelum tidur, serta memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang manfaat dan kandungan gizi yang terkandung dalam ikan, yang sangat baik untuk pertumbuhan dan meningkatkan kecerdasan.
Berperilaku hidup sehat, berarti mencegah berbagai penyakit sejak dini. Karena banyak penyakit yang muncul dari kebiasaan hidup tidak sehat, seperti tidak mencuci tangan sebelum makan, malas menggosok gigi, dan tidak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
Melalui peringatan ini, Wagub terus mengupayakan untuk meningkatkan konsumsi ikan di kalangan masyarakat di Kalsel, terlebih bagi anak-anak melalui kegiatan-kegiatan kampanye seperti ini. Wagub juga mengatakan, konsumsi ikan di Kalimantan Selatan berada di atas rata-rata nasional, yaitu 47,61 Kg/kapita, namun masih jauh jauh jika dibandingkan dengan Malaysia yang mencapai 70 Kg/kapita dan Jepang mencapai 140 Kg/kapita per tahun.
“Ini harus terus kita tingkatkan, terlebih Kalsel memiliki potensi yang besar sebagai daerah penghasil ikan. Kita punya laut, sungai, rawa, maupun lahan pertanian yang memiliki potensi untuk mengahasilkan ikan atau mendapatkan ikan dengan mudah” kata Wagub.
Selain itu, dengan meningkatnya konsumsi ikan di kalangan masyarakat, secara tidak langsung akan meningkatkan permintaan ikan dan dapat berdampak postif terhadap nelayan maupun penambak ikan.
“dengan meningkatnya konsumsi ikan di kalangan masyarakat, secara otomatis akan meningkatkan permintaan masyarakat terhadap ikan, dan ini dapat menjadi berkah bagi nelayan maupun penambak ikan” tambah Wagub.
Setelah kegiatan kampanye ini berlangsung, Wagub mengunjungi SMKN 1 Amuntai yang jaraknya tidak jauh dari lokasi kegiatan. Sekolah ini tidak lain adalah tempat Wagub menuntut ilmu semasa SMA/sederajat.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad