Kalsel Satu-satunya Daerah yang Seluruh Daerahnya Meraih Opini WTP - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 26 September 2016

Kalsel Satu-satunya Daerah yang Seluruh Daerahnya Meraih Opini WTP

Banjarbaru, pemerintah provinsi dan seluruh pemerintah daerah di Kalsel, meraih opini WTP. Capaian ini menjadikan Kalsel satu-satunya provinsi di Indonesia yang seluruh daerahnya berhasil meraih opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

“Kalsel menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang seluruh daerahnya, baik kabupaten/kota termasuk pemerintah provinsi berhasil meraih opini WTP atas LKPD sehingga patut diapresiasi”.

Hal tersebut sebagaimana
dikatakan oleh Sekretaris Utama BPKP, Meidyah Indreswari saat menghadiri serah terima jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, dari yang sebelumnya dijabat oleh Sumitro, SE, MM kepada Muhammad Masykur, SE, MM, Kamis (22/9),  di Gedung Ideham Chalid di Komplek Perkantoran Pemprov. Kalsel.

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor yang hadir dan menyaksikan serah terima jabatan ini, dalam sambutannya mengatakan serah terima jabatan (sertijab) ini, selain sebagai wujud dari dinamika organisasi yang berjalan dinamis, juga sebagai suatu upaya untuk meningkatkan capaian kegiatan dan program, guna terwujudnya visi BPKP.

Dalam suasana yang penuh keakraban, Gubernur memberikan apresiasi atas kinerja Perwakilan BPKP Prov. Kalsel yang dipimpin oleh Sumitro, yang turut memberikan andil terhadap capaian 100% LKPD se-Kalsel yang meraih opini WTP. Khusus untuk LKPD Pemprov. Kalsel, dengan diraihnya opini WTP di tahun 2015 lalu merupakan capaian yang ketiga kalinya secara berturut-turut. Gubernurpun bertekad untuk mempertahkan capaian ini.

“kita bersyukur, berkat kerja keras dan kerja yang benar dari kita semua, seluruh daerah dapat meraih opini WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah, termasuk Kalsel. Kita bertekad dan terus berusaha untuk mempertahankan capaian ini” kata Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga berpesan kepada seluruh jajaran aparatur pemerintah daerah khususnya, agar tidak sungkan untuk bertanya maupun berkoordinasi, agar yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

Sementara itu, Sumitro yang akan dipindah tugaskan ke Puslitbang Pengawasan BPKP, dalam sambutannya mengaku sangat mencintai Kalsel. Selain itu, Ia juga bersyukur dan bangga, di masa kepemimpinannya dapat memberi andil yang luar biasa atas diraihnya capaian opini WTP atas LKPD seluruh daerah di Kalsel termasuk Pemerintah Provinsi.

Atas capaian ini, Kalsel menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang seluruh daerahnya yang terdiri dari 1 provinsi, 2 kota, dan 11 kabupaten meraih opini WTP atas LKPD. Selain itu, Inspektorat Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar terpilih sebagai inspektorat dengan level kapabilitas 3 berdasarkan kriteria IACM yang telah divalidasi BPKP Pusat, dan ini menjadi yang pertama juga di Indonesia.

Capaian ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kalsel yang baru, yaitu Muhammad Masykur. Dalam sambutannya, Ia mengakui tantangan tersebut dan siap untuk melanjutkan pencapaian selama ini, serta berkomitmen untuk terus meningkatkan akuntabilitas keuangan daerah.

Pria kelahiran Tegal ini, mengaku tidak asing dengan Kalimantan. Sebelumnya Ia pernah ditugaskan di Kalbar, Kaltim, Kaltara, Kalteng, dan sekarang di Kalsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad