Groundbreaking Revitalisasi Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 16 September 2016

Groundbreaking Revitalisasi Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin

Banjarbaru, Wakil Gubernur, H. Rudy Resnawan didampingi Sekretaris Ditjen PHU dan Wakil Walikota Banjarbaru, memencet tombol sirine yang menandakan groundbreaking atau pemancangan tiang pertama, pembangunan gedung baru Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Jum’at (3/6) di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Landasan Ulin Banjarbaru.
Setelah melalui beberapa proses
yang memakan waktu yang cukup lama, akhirnya revitalisasi Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dapat dilaksanakan, dan dijadwalkan atau ditargetkan selesai pada Desember 2016.
Salah satu kegiatan revitalisasi ini adalah pembangunan gedung baru Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin. Pembangunan gedung  dengan nilai kontrak mencapai Rp66 miliar yang dibebankan pada APBN ini nantinya akan setara dengan hotel bintang 3, yang terdiri dari 4 lantai dengan 2 tempat tidur setiap kamar.
Sebelumnya, Asrama Haji yang telah berusia 32 tahun ini memiliki fasilitas yang belum memenuhi standar dan daya tampungnya belum cukup untuk jamaah calon haji embarkasi Banjarmasin yang meliputi Provinsi Kalsel dan Kalteng.
Wakil Gubernur dalam sambutannya mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Agama yang dapat mewujudkan pembangunan gedung baru ini. Karena asrama haji ini merupakan salah satu penunjang dalam pelaksanaan ibadah haji, yang telah lama diidam-idamkan oleh masyarakat Kalimantan Selatan.
 “kita berterima kasih sekali kepada Pemerintah RI melalui Kementerian Agama, yang telah mengabulkan, memberikan perhatian penuh kepada masyarakat Kalimantan Selatan melalui revitalisasi Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin ini. Karena seperti apa yang saya katakana sebelumnya, asrama haji ini merupakan salah satu sarana penunjang penyelenggaraan ibadah haji yang sudah lama diidam-idamkan masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya kaum muslimin” katanya.
“kita juga berharap, pembangunan gedung baru ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sehingga di tahun 2017 nanti, gedung ini dapat kita gunakan, dapat kita manfaatkan. Serta tidak menutup kemungkinan apabila berjalan dengan baik, ke depannya sarana penunjang lainnya akan dilengkapi di asrama haji ini” tambahnya.
Sementara itu, Sekretaris Ditjen PHU Kemenag RI mengatakan, sebenarnya anggaran untuk pembangunan gedung ini sudah diajukan di tahun 2015. Karena menurut PP yang mengatur pembangunan infrastruktur yang dibiayai oleh SBSN harus memiliki sertifikat penuh oleh entitas atau satuan kerja.
“karena proses hibah tanah dari Pemprov Kalsel ke Kemenag telah selesai dilakukan di tahun 2015, sementara anggaran sudah ditetapkan, sehingga diusulkan kembali di tahun 2016, dan Alhamdulillah dapat disetujui dan dapat dilaksanakan di tahun 2016”.
Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Faisal sangat yakin dan optimis pembangunan gedung baru ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat selesai di bulan Desember 2016 sesuai dengan jadwal. Selain itu, gedung ini juga nantinya selain digunakan untuk penyelenggaraan ibadah haji, juga dapat digunakan dengan kegiatan-kegiatan lainnya.

“gedung ini nantinya, selain digunakan untuk penyelenggaraan ibadah haji, juga dapat digunakan seperti kegiatan pelatihan, pertemuan dan lain sebagainya. Karena sifatnya bisa dikomersilkan. Jadi saya berharap, pemerintah daerah ataupun instansi lainnya dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan di sini” harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad