Begitu Ada Potensi Api, Langsung “Dibom” - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 13 September 2016

Begitu Ada Potensi Api, Langsung “Dibom”

Banjarbaru, Ada yang berbeda dari penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kalsel dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya, yang menunggu titik api terlebih dahulu baru ditindak lanjuti. Tapi mulai tahun ini, tidak menunggu hotspot tetapi begitu ada potensi api langsung ditindaklanjuti. Jika potensi api tersebut tidak terjangkau maka akan dilakukan “water booming” serta melibatkan peran pihak swasta maupun masyarakat, khususnya yang tergabung dalam BPK.


Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Kalsel, H. Rudy Resnawan pada saat menghadiri Apel Gelar Kesiapan Gabungan Armada Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Penanggulangan Karhutla Kalsel, Senin (29/8) di Lapangan Tanah Polri Km 21 Landasan Ulin, Banjarbaru.

Pelaksanaan apel ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi untuk menangani Karhutla yang mengakibatkan kabut asap, yang menjadi perhatian serius dan merupakan tanggungjawab bersama dalam menanganinya. Terang saja, kabut asap yang terjadi dapat menimbulkan banyak kerugian, baik secara materil maupun nonmaterial.

“Kalau tahun ini, kita tidak menunggu hotspot, begitu ada potensi langsung “dibom” dengan water boomin. Selain itu, penanganan Karhutla juga melibatkan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK)”, kata Wagub.

Sementara itu, Kalsel juga telah ditetapkan berstatus siaga penanganan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Berdasarkan Keputusan Gubernur Kalsel nomor 188.44/0451/KUM/2016, penetapan status siaga darurat ini terhitung mulai tanggal 15 Agustus 2016 sampai dengan tanggal 15 November 2016.

Di sisi lain, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Erwin Trianto selaku Inspektur pada apel tersebut mengapresiasi diberdayakannya BPK dalam penanganan Karhutla ini. Hal ini merupakan yang pertama dan wujud tanggungjawab bersama dalam menanggulangi Karhutla.

“Kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggungjawab kita semua. Ini merupakan wujud peran serta masyarakat yang sukarela” kata Kapolda.

Ia juga mengatakan, bersyukur hingga saat ini cuaca masih berpihak bagi Kalsel, karena masih ada hujan dibandingkan dengan daerah lainnya yang telah terjadi kebakaran hutan atau lahan. Namun hal ini  jangan membuat lengah dan tetap waspada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad