Festival Loksado 3: Gubernur Nikmati Alam Loksado dengan Bamboo Rafting - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 24 Mei 2016

Festival Loksado 3: Gubernur Nikmati Alam Loksado dengan Bamboo Rafting

Salah satu daya tarik dalam “Festival Loksado 2016” (7-8/5), yaitu balanting paring (bamboo rafting) sudah dilepas oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor. Seluruh peserta (sebanyak 79 lanting) termasuk rombongan Gubernur begitu ceria sambil melambaikan tangan ke warga sekitar, meski akan mengarungi sungai Amandit yang memakan waktu sekitar 2 jam.

Di tengah perjalanan, Paman Birin (sapaan akrab Gubernur) begitu menikmati perjalanan dengan balanting paring (bamboo rafting). Terkadang Paman ikut menanjak/mengemudikan lanting yang dinaikinya. Tidak hanya itu, Paman juga terkadang bercebur ke tengah sungai. Paman begitu menikmati suasana ini, hal ini merupakan kebiasaan Paman yang tidak bisa melihat air maka terbesit keinginan untuk bercebur.

Paman Birin dengan gayanya yang begitu merakyat, menghampiri warga sekitar sungai (terutama anak-anak) yang mandi di sungai tersebut. Tidak segan-segan Paman kembali turun dari lanting dan ikut mandi bersama mereka. Anak-anakpun begitu ceria dihampiri dan mandi bersama dengan orang nomor 1 di Kalsel.

Kurang lebih 2 jam perjalanan, Paman beserta rombongan tiba di tempat finish, yaitu di Bumi Perkemahan Gunung Kantawan Loksado. Di lokasi ini, Gubernur beserta rombongan sudah ditunggu oleh peserta Gladian Pimpinan Satuan se Kalimantan Selatan Tahun 2016 dan Perkemahan Raimuna Cabang XI Kwarcab HSS Tahun 2016, yang akan ditutup langsung oleh Gubernur selaku Ka Mabida Prov. Kalsel.

Dalam sambutannya, Gubernur menginginkan Festival Loksado dengan bamboo rafting nya dapat terus dikembangkan. Sehingga objek wisata Loksado tidak kalah dengan objek-objek wisata yang ada di daerah lainnya di Indonesia. Selain itu juga diharapkan dapat lebih banyak lagi menarik wisatawan, terutama bagi warga Kalsel itu sendiri. Artinya, kita sebagai orang Kalsel harus bangga dengan apa yang dimiliki oleh daerah kita, baik itu objek wisata, potensi ekonomi, maupun potensi-potensi lainnya.

Selain itu, Gubernur mengajak para Paramuka yang merupakan generasi penerus bangsa untuk dapat menjadi yang terdepan dalam memerangi penyalahgunaan narkoba, yang saat ini sangat mengkhawatirkan dan menjadi musuh kita bersama.

“di era globalisasi sekarang ini, suka tidak suka, mau tidak mau, daerah kita terbuka bagi Negara lain. Kita tidak hanya bersaing dari segi ekonomi, tapi kita juga menghadapi peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, saya berharap para Pramuka dapat menjadi yang terdepan dalam memerangi penyalahgunaan narkoba” tegas Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga berpesan kepada seluruh peserta agar terus belajar untuk mengambangkan diri. Sehingga para Pramuka bisa menjadi generasi penerus bangsa dan banua.

Di akhir acara, Gubernur yang di damping oleh Sekretaris Daerah melakukan penanaman pohon dalam rangka memperingatai Hari Bakti Rimbawan dan Lingkungan Hidup Kab. HSS Tahun 2016. Penanaman pohon ini senada dengan komitmen atau gerakan yang digalakkan oleh Paman Birin, yaitu Revolusi Hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad