Festival Loksado 1: Gubernur Meriahkan Festival Loksado - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 24 Mei 2016

Festival Loksado 1: Gubernur Meriahkan Festival Loksado

Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor kembali meriahkan salah satu event pariwisata yang dimiliki oleh Kalsel, yaitu Festival Loksado yang berlangsung dari tanggal 7-8 Mei 2016 di Objek Wisata Loksado, Kab. HSS.
Dalam memeriahkan gelaran Festival Loksado, Gubernur kembali mengajak jajaran SKPD di lingkup Pemprov Kalsel untuk memeriahkan "Festival Loksado",  event tahunan yang diselenggarakan Pemkab HSS dan telah didaftarkan sebagai event tahunan Kementerian Pariwisata.
Salah satu kegiatan yang mencuri perhatian dalam event ini adalah balanting paring (bamboo rafting), selain itu wisatawan akan dimanjakan dengan tarian etnik Dayak Meratus dan alat musik tradisional, dan keindahan alam yang dimiliki Loksado.
Kehadiran Gubernur beserta jajaran SKPD merupakan wujud keseriusan Pemerintah Provinsi Kalsel dalam memajukan pariwisata di Kalsel. Hal ini juga merupakan salah satu program unggulan Paman Birin (sapaan akrab Gubernur), yaitu meningkatkan destinasi wisata di Kalsel. Sebelumnya, Gubernur juga mengajak jajaran SKPD untuk mengikuti Offroad Meratus Two Days Adventure yang melintasi Banjarbaru, Pegunungan Meratus di Kab.  Tanah Laut dan Kab. Tanah Bumbu, serta memeriahkan Pesta Adat Mappanretasi di Pantai Pagatan Kab. Tanah Bumbu.
Sekitar jam 11.30 rombongan tiba di Kab. HSS beristirahat dan makan siang di Amandit River Lodge, selanjutnya rombongan menuju Loksado. Gubernur, dengan gayanya yang penuh semangat menaiki motor trail menuju Loksado.
Dari Loksado, rombongan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk melihat perkampungan sekitar dan menuju ke Balai Adat Malaris dan air terjun Riam Anai di Desa Loklahung.

Dengan penuh semangat dan kebersamaan Gubernur beserta rombongan berjalan menuju lokasi yang sebelumnya dilakukan pelepasan dengan memotong pita yang terbuat daun nipah dengan Mandau oleh Gubernur.
Di tengah perjalanan, Gubernur beserta rombongan menghampiri warga yang mengolah hasil hutan yang menjadi andalan warga Loksado, yaitu buah kemiri (kaminting) dan kayu manis. Gubernur dan Sekda Prov. Kalsel tidak segan untuk ikut memecah buah kemiri (kaminting) yang karing dan memotong kayu manis, sebelum siap untuk dipasrakan dan dikonsumsi.

Kemudia Gubernur dan Rombongan melanjutkan perjalanan, setibanya di Desa Loklahung, Gubernur kembali singgah di salah satu rumah warga yang membuat gelang simpai (gelang khas yang diayam langsung di tangan) dan memborongnya. Kemudian Gubernur beserta romobongan kembali berjalan dan menuju air terjun Riam Anai, setibanya di air terjun Riam Anai raut wajah Gubernur beserta rombongan seolah tidak terlihat lelah setelah melakukan perjalanan dari Banjarmasin dan berjalan kaki menuju lokasi yang berjarak sekitar 3 Km. Gubernur dengan ciri khasnya, seteleh melihat air maka akan langsung bercebur, hal ini juga yang dilakukan Gubernur di lokasi air terjun Riam Anai.
Gubernur bersama Sekda dan jajaran Kepala SKPD dengan penuh kegembiraan, menyelam di bawah derasnya air terjun. Melihat kejadian ini, seolah-olah penat atau lelah selama ini, hilang. Sesekali Gubernur menunjukkan kekagumannya atas keindahan alam yang dimiliki Kalsel berupa air terjun yang indah dan sejuk.
"inilah salah satu air terjun yang dimiliki Kalsel, yang sangat indah" tutur Gubernur.
Selanjutnya, besok pagi Gubernur akan mengikuti balanting paring (bamboo rafting) dalam gelaran "Festival Loksado", menanam pohon di Bumi Perkemahan Gunung Kantawan Loksado. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad