3 Komponen Penting dalam Membangun Banua - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 14 April 2016

3 Komponen Penting dalam Membangun Banua

Gubernur Kalsel
H. Sahbirin Noor
Setidaknya ada 3 komponen/kekuatan yang ingin digali dan disinergiskan dalam mewujudkan visi dan misi Kalsel ke depan. Komponen tersebut adalah Pemerintah, Pengusaha dan Ali Ulama atau Pemuka Agama. “Jika 3 komponen ini dapat kita gali dan kita sinergiskan, dapat saling mendukung dan bahu membahu, maka kita akan dapat membangun dan mewujudkan ksejahteraan di Kalimantan Selatan” ujar Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor dalam Seminar Ekonomi dan Bisnis, Selasa (12/4/2016) di Hotel Golden Tulip Banjarmasin.

Seminar Ekonomi dan Bisnis yang dilaksankan oleh Kantor Perwakilan BI Kalimantan Selatan, mengangkat tema Meneropong Sektor Ekonomi Prospektif dan Tren Ekonomi Berbagi Kalsel. Tema ini diangkat terkait tantangan perekonomian yang cukup berat di Kalimantan selatan.

Diperlukan kekompakan dari berbagai pihak, agar perekonomian daerah menjadi kuat. Salah satunya adalah melalui ekonomi berbagi. Menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel, Harymurthy Gunawan, ekonomi berbagi yaitu bagaimana membangun ekonomi itu, bukan hanya menjadi beban pemerintah, tetapi bisa dilakukan oleh siapa saja. Baik pihak swasta, diri sendiri dan lainnya yang memanfaatkan teknologi.

Gubernur Kalimantan Selatan yang menjadi keynote speaker dalam seminar tersebut, mengatakan pada periode pemerintahan ke depan, ada 3 komponen penting yang harus digali dan disinergiskan untuk mendukung perekonomian Kalsel. Komponen tersebut adalah pemerintah. Pemerintah yang bersih dan jauh dari korupsi, serta pemerintah yang sipa memberikan pelayanan publik yang terbaik, khususnya bagi pengusaha.

Hal ini sesuia dengan arahan Presiden RI terkait regulasi yang menghambat pembangunan harus dihapuskan. “ini juga yang akan kita lakukan di Kalsel” tegas Gubernur, yang disambut tepuk tangan dari peserta seminar, yang merupakan insane perbankan dan pengusaha di Kalsel.

Komponen kedua adalah pengusaha. Gubernur mengajak para pengusaha untuk bersama-sama pemerintah membangun dan memberikan yang terbaik bagi Kalsel.

Selanjutnya, komponen yang ketiga adalah Alim Ulama atau Pemuka Agama. Usaha pemerintah dan pengusaha, terasa belum lengkap jika tidak didukung oleh Alim Ulama atau Pemuka Agama, yang senantiasa memberikan do’a maupun dukungan moril lainnya.

“Jika 3 komponen ini dapat kita sinergiskan, dapat saling bahu membahu, maka apa yang kita cita-citakan dapat terwujud” harap Gubernur.

Dalam kesempatan itu pula, Gubernur menyinggung kondisi kelistrikan di Kalsel yang terus diupayakan agar permasalahan listrik di Kalsel dapat teratasi. Hal ini penting, karena listrik merupakan salah satu komponen utama dalam mendukung perekonomian dan usaha berbasis digital. (rj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad