Sensus Ekonomi 2016 di Kalsel Resmi Diluncurkan - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 31 Maret 2016

Sensus Ekonomi 2016 di Kalsel Resmi Diluncurkan


Sekda Prov. Kalsel
H.M. Arsyadi
Apel Siaga Sensus Ekonomi 2016 menandakan kesiapan Kalimantan Selatan melaksanakan Sensus ekonomi 2016. Sekretaris Daerah, M. Arsyadi mewakili Gubernur Kalsel memimpin apel tersebut pada Jum’at (18/3/2016) di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan.

Sensus ekonomi 2016 ini akan berlangsung di bulan Mei, mulai tanggal 1 hingga 31 Mei 2016. Sensus ini dilaksanakan untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

 Pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian) akan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur sektor ekonomi nonpertanian, beserta informasi dan karakteristiknya. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mengetahui posisi, peluang serta daya saing usaha.

Sementara bagi pemerintah dapat dijadikan sebagai landasan perencanaan, pengambilan kebijakan serta evaluasi kegiatan. Kemudian bagi Peneliti/Akademisi dapat dijadikan sebagai bahan penelitian ilmiah dan pengamatan bidang ekonomi. Dan bagi masyarakat menerima manfaat dari kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah.

Gubernur Kalimantan Selatan, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, M. Arsyadi mengatakan sensus ekonomi 2016 merupakan fondasi bagi pengukuran kegiatan usaha di Indonesia dan merupakan salah satu agenda besar dan penting dalam siklus 10 tahunan. Karena sensus ini akan menghasilkan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecualai pertanian, yang akan sangat bermanfaat dan ditunggu bagi pemerintah, sebagai landasan dalam penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Dalam apel tersebut, Gubernur menekankan komitmen dan kerja sama antar petugas sensus dan objek sensus, dalam hal ini perushaan dan pelaku usaha. Diperlukan dedikasi yang tinggi dari petugas sensus dalam menjalankan tugasnya, karena hasil dari sensus atau data yang diberikan akan menjadi acuan bagi pemerintah dan pemangku kepentingan dalam perencanaan pembangunan.

Seluruh SKPD di Provinsi Kalimantan Selatan harus mendukung pelaksaan sensus ekonomi 2016, terutama dalam mendorong mitra-mitra usaha, agara  bersedia memberikan jawaban yang jujur kepada petugas sensus. Selain itu, kepada perusahaan dan pelaku usaha yang menjadi responden nantinya untuk memberikan jawaban yang jujur dan sesuai kondisi yang sebenar-benarnya. Harapnya.

Pelaksanaan sensus ekonomi 2016 ini ditandai dengan pelepasan balon dan pemasangan topi petugas sensus kepada perwakilan petugas sensus oleh Sekretaris Daerah.


Apel siaga sensu ekonomi 2016 ini turut dihadiri oleh Forkompimda, Wakil Walikota Banjarmasin, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kalsel, Rektor ULM, Kepala BPS dan Kepala SKPD lingkup pemerintah Prov. Kalsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad