Gubernur Pimpin Rakor Penanggulangan Bencana di Kalsel Tahun 2016 - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 08 Maret 2016

Gubernur Pimpin Rakor Penanggulangan Bencana di Kalsel Tahun 2016


Gubernur Kalsel
H. Sahbirin Noor
Dalam menanggapi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan yang belum memberikan rasio yang optimal, serta menghadapi ancaman bencana di Kalimantan Selatan, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. Gubernur Kalimantan Selatan telah menetapkan status siaga darurat, yang tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur nomor 188.44/033/KUM/2016 tanggal 8 Januari 2016 yang berlaku dari tanggal 10 Januari s/d 31 Maret 2016.

Hal ini disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor saat membuka Rapat Koordinasi Terpadu Persiapan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Penanggulangan Bencana Lainnya di Kalimantan Selatan Tahun 2016. Senin (7/03/2016) di Gedung Mahligai Pancasila.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan “area kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Selatan cukup luas, yang berdampak pada menurunnya fungsi dan kualitas hutan sebagai paru-paru dunia, menurunkan produktivitas pertanian dan kesehatan masyarakat”. Selain itu, Gubernur juga mengingatkan untuk terus waspada terhadap bencana lainnya yang mengancam Kalimantan Selatan, seperti banjir, tanah longsong, angin puting beliung, genangan banjir (ROB).

Hingga 6 Maret 2016, beberapa daerah di Kalsel dilanda banjir. Di Tabalong merendam 7 Kecamtan dan 25 Desa, di Balangan 3 Kecamatan dan 9 Desa, HSU 10 Kecamatan dan 166 Desa, dan Tanah Bumbu 5 Kecamatan dan 21 Desa. Dalam menghadapai bencana banjir tersebut, Gubernur mengintruksikan kepada Bupati/Walikota untuk menangani lebih intensif, dengan menggerakkan sumber daya yang ada.

Dengan kegiatan rapat koordinasi ini, saya mengharapkan agar semua komponen mulai dari Pemerintah Daerah, Polda, Korem dan Masyarakat agar dapat meningkatkan sinergitas untuk menghadapi dan menanggulangi bencana di Kalimantan Selatan, harapnya.

Setelah membuka secara resmi, Gubernur juga memimpin secara langsung Rakor yang menghadirkan Kapolda Kalsel Brigjen Polisi Agung Budi Maryoto, Danrem 101/Antasari Kolonel Kav Yanuar Adil, dan BMKG sebagai narasumber.


Gubernur mempin rapat ini dengan cara yang berbeda dengan menghampiri para peserta yang terdiri dari Kodim, Kapolres, dan Camat se Kalimantan Selatan untuk berkenalan dan membuat rapat ini agar lebih cair.  Rakor ini juga dihadiri oleh FKPD Prov. Kalsel dan Bupati/Walikota se Kalimantan Selatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad