IBX5A2DB0A16D0BC Khasiat dan Manfaat Pisang - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, August 28, 2013

Khasiat dan Manfaat Pisang

Tadi malam saya kembali bergeliat di dunia les private, setelah cukup lama libur akhir tahun pelajaran dan Ramadhan. Sayapun bertekad untuk memeprbaiki kualitas mengajar demi prestasi yang lebih baik bagi murid atau peserta didiknya.

Suasana seperti biasa santai, dalam kesempatan tersebut disuguhi pisang ambon. Kata murid saya, pisang merupakan obat tidur alami. Artinya pisang dapat meregangkan otot sehingga dapat tidur dengan nyenyak. Ya saya coba 2 biji, hee. Sayapun tertarik untuk melihat lebih jauh khasiat dari pisang.

Pisang ini merupakan buah yang mudah didapatkan setiap saat, mulai pelosok hingga perkotaan. Setelah lihat-lihat artikel di internet, ternya banyak khasiat dan manfaat yang terkandung dalam pisang. Dalam tulisan kali ini, saya akan mencoba memaparkan kandungan yang ada dalam pisang.

Diantaranya: Triptofan, Serat, Kalium, Vitamin B6, Senyawa fructooligosaccharide, Senyawa fenolik, Natrium yang rendah, Magnesium, Zat Besi yang tinggi, Potassium, serotonin, fruktosa, sukrosa, glukosa serta karbohidrat.

Dari beberapa kandungan yang dimiliki oleh pisang, sehingga sangat banyak memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Diantaranya:

a. melancarkan pencernaan

b. menurunkan tekanan darah, menyuplai daya, memulihkan stamina tubuh, menolong perkembangan otot serta menghindarkan kram otot,

c. menyingkirkan rasa pegal, mengurangi rasa mual, menyingkirkan pusing serta melancarakan peredaran darah,

d. memenuhi kebutuhan zat besi yang diperlukan oleh tubuh

e. membantu tubuh memproduksi jumlah hemoglobin yang optimal sehingga meningkatkan proses pembekuan darah bila mengalami cedera,

f. memelihara berat badan,

g. mencegah osteoporosis, mencegah Stroke, dan memberi perlindungan terhadap ginjal,

h. mengatur suhu tubuh dan membantu menjaga kadar gula darah yang sehat,

i. meningkatkan konsentrasi dan mengurangi emosi bagi orang yang sedang stress,

j. mengobati gigitan nyamuk,

Dari beberapa manfaat di atas, khususnya dalam hal melancarkan peredaran darah, menyingkirkan rasa pegal, dan lain sebagainya, sehingga dapat memberikan ketenangan bagi tubuh kita saat istirahat/tidur malam. Menurut para ahli, dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang sebanyak 4 biji perhari. Bisa kita atur waktunya, misalnya 1 biji di pagi hari: kita perlu tenaga dan konsentrasi saat bekerja, 1 di siang hari: lanjutan suplai tenaga dalam bekerja, 1 di sore hari dan sebelum tidur: karena kita butuh istirahat dan kualitas tidur yang baik. Selamat mencoba.


sumber:

http://www.amazine.co/23195/khasiat-pisang-15-manfaat-pisang-bagi-kesehatan/

http://blog.sehat.info/2013/03/inilah-8-khasiat-pisang-yang-perlu.html

http://ditbuah.hortikultura.deptan.go.id/detailskim.php?id=39

foto: www.republika.co.id 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad