Zakat Bukan THR atau BLSM - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 25 Juli 2013

Zakat Bukan THR atau BLSM

Alhamdulillah tanpa terasa kita sudah berada di hari ke-16 di bulan Ramadhan, dalam hitungan hari kita akan berpisah dengan bulan tersebut dan akan menemui hari kemenangan, yaitu I’d Fitri. Tidak bisa kita pungkiri, jika kita berada di bulan ini sebagian besar dari kita pikirannya dipenuhi dengan ‘Lebaran’. Padahal seharusnya sebaliknya kita bahagia adanya bulan ini, dan akan bersedih jika berpisah. (Heeee).



Hal itu terlihat dari 2 hari terakhir, beberapa pemeberitaan media lokal memuat perihal THR (Tunjangan Hari Raya). Para pegawai (swasta/negeri), pekerja mengaharapkan adanya THR. Hari inipun tidak lepas dari hal tersebut, salah satunya pegawai Pemprov Kalsel yang harap-harap cemas, karena ketidak jelasan adanya THR.
Lain THR lain zakat, setelah kita melaksanakan ibadah puasa di bulan ini, kita diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah dan zakat lainnya (sesuai ketentuan sayari’at Islam). Selain sebagai kewajiban dan wahana mensucikan diri pribadi kita, zakat banyak memiliki hikmah dan fungsi yang mulia, terutama terkait dengan ekonomi dan sosial. Menurut Muhammad Taufiq dalam makalahnya menyebutkan beberapa fungsi dan tujuan zakat. Diantaranya, dengan berzakat kita dapat membiasakan diri untuk bersifat dermawan, melepaskan diri dari sifat-sifat bakhil dan tercela lainnya, memperkuat jalinan ukhuwah dan mahabbah, memperkecil jarak kesenjangan dan kecemburuan sosial, mengentaskan kemiskinan dan membangkitkan geliat perekonomian, pelebur dosa dan penyembuh berbagai macam penyakit, serta zakat mampu mengembangkan harta yang dimiliki.

Sementara tujuan dan fungsi yang mashur adalah menjadikan mustahik (yang berhak menerima zakat) menjadi muzakki (orang yang wajib mengeluarkan zakat), atau hal ini sering disebut dengan visi zakat. Pernah di zaman sahabat, baitul mal (kas Negara/hasil zakat yang terkumpul) semakin tahun semakin banyak seiring penerima semakin sedikit dan pemberi semakin banyak. Hingga Pemerintah (Amil) kebingungan untuk membagikan zakat tersebut, karena orang yang sebelumnya sebagai mustahik tidak mau menerima dan bahkan sudah menjadi muzakki. Andai itu terjadi juga di zaman sekarang.
Beda di zaman sekarang, sebagain besar dari kita mengaharapkan angpao (amplop) dari orang yang lebih berada. Angpao tersebut ditengarai sebagai zakat, itu secara pribadi. Terlepas dari hal tersebut dan kita kurang bisa menetekun seorang mustahik, maka kita dapat menyerahkan zakat melalui lembaga resmi penghimpun, pengumpul, dan pengelola zakat, seperti BAZNAS.
Menurut harian Radar Banjarmasin edisi Kamis 25 Juli 2013, Baznas Kota Banjarmasin membagikan zakat sebesar Rp. 200 juta di Balai Kota Banjarmasin, kepada 1000 orang mustahik yang tersebar di 5 Kecamatan dengan 200 orang per kecamatan, sehingga per orangnya mendapat Rp. 200 ribu. Dengan keadaan seperti ini, gerombolan dan antreanpun terlihat.
Berdasarkan kejadian di atas, sedikit banyaknya menyimpang dari ketentuan zakat sesuai dengan tuntunan syari’at. Pertama  pendistribusian, seharusnya muzakki/lembaga membagikan zakat kepada para mustahik, bukan mengumpulkan orang untuk mengambilnya. Hal ini senada dengan UU No. 23 Tentang Pengelolaan Zakat, bahwa zakat wajib didistribusikan sesuai dengan sayari’at Islam, artinya kita yang memberikan/membagi bukan diambil.
Kedua prinsip keadilan. Adil bukan berarti pukul rata, adil adalah menepatkan sesuatu pada tempatnya, artinya sesuai dengan keadaan dan kondisi mustahik. Ketiga tujuan, fungsi, dan visi zakat. Jika kita memahami hal tersebut, apa bedanya zakat dengan THR dan pembagian BLSM? Antrian dengan jumlah uangnya sama rata dan mengedepankan jumlah penerima yang banyak. Dengan jumlah uang tersebut masyarakat sedikit terbantu, dan mungkin hanya cukup beberapa hari untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
Saya tentunya berharap, kita dapat menjadi seorang Muzakki sesuai dengan sayri’at, sehingga apa yang menjadi tujuan, fungsi, visi, dan hikmah dan kemuliaan dari zakat dapat kita dapatkan dan dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera.
Wallahu’alam!
Reeferensi:

1 komentar:

  1. ARTIKELNYA BAGUS BANGET GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK GAN ... MAKASIH YA GAN... OIYA YANG PENGEN BACA BACA ARTIKEL UNIK DAN FOTO FOTO GOKIL .... TINGGAL KLIK SALAH SATU..

    ---->> BRA PALING UNIK DI DUNIA
    ---->> FOTO - FOTO KEJADIAN LUCU
    ---->> KOLEKSI FOTO HOT LUNA MAYA GA PORNO
    ---->> FOTO PESAWAT TERCEPAT DI DUNIA
    ---->> ARTIKEL CARA2 MENINGKATKAN LIBIDO
    ---->> CARA BERCIUMAN YANG BENAR
    ---->> 10 KEBIASAN PRIA YANG DIBENCI WANITA
    ---->> FOTO FOTO ARTIS CANTIK HOLYWOOD

    TRIMA KASIH AGAN... SALAM SUKSES AJA BUAT AGAN BLOG YA.....
    SMOGA BLOGNYA TAMBAH RAMAI PENGUNJUNGNYA...

    ---------->>>> TRIMS YA Gan .....

    BalasHapus

Post Top Ad